Thursday, May 1, 2014

11 Manfaat Spirulina



Spirulina adalah sianobakteria uniseluler yang memiliki bentuk seperti gulungan melingkar (spiral). Spirulina mengandung pigmen klorofil dan fikosianin, yang membuatnya berwarna biru-hijau. Spirulina dibudidayakan di berbagai belahan dunia untuk digunakan sebagai bahan suplemen makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dalam sejarah dikatakan bahwa spirulina digunakan sebagai sumber makanan oleh suku Aztec dan Mesoamerika sampai abad ke-16.

Spirulina mengandung semua asam amino esensial dan memiliki kandungan protein sekitar 70%, jauh lebih tinggi dibanding makanan-makanan yang biasa dimakan sebagai sumber protein tinggi. Selain protein, spirulina juga kaya akan vitamin E, beta-Karoten, vitamin C, vitamin B kompleks; serta mineral-mineral penting seperti zinc, mangan, zat besi, tembaga, selenium, dan kromium; ditambah asam lemak esensial seperti asam linoleat.

Sebagai sumber nutrisi-nutrisi penting, spirulina memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti:
  • Sistem Kekebalan Tubuh : spirulina dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh kita mampu melawan infeksi dan virus dengan lebih baik.
  • Antioksidan : sifat antioksidan yang dimiliki oleh spirulina dapat melindungi sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas adalah partikel yang dapat mengoksidasi sel dan jaringan tubuh, menyebabkan berkembangnya sejumlah penyakit.
  • Rambut Rontok : spirulina dapat mencegah kehilangan rambut yang berlebihan. Spirulina dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengobati penyakit rambut rontok (Alopecia) yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh termasuk kulit kepala.
  • Kanker : spirulina dipercaya dapat membantu mengurangi resiko terkena berbagai jenis kanker, termasuk kanker mulut.
  • Kolesterol : spirulina dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
  • Sistem Kardiovaskular : spirulina dapat membantu meningkatkan sistem peredaran darah tubuh kita.
  • Liver/Hati : spirulina dapat membantu mencegah penyakit liver seperti sirosis hati.
  • Pencernaan : membantu melancarkan pencernaan makanan serta mengatasi mikroorganisme jahat dalam usus, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih sehat.
  • Zat Beracun : spirulina dapat mempercepat proses menghilangkan zat beracun yang ada di dalam tubuh.
  • Mengurangi Berat Badan : berdasarkan pengalaman orang-orang yang mengkonsumsi spirulina, suplemen ini dipercaya dapat membantu mengurangi berat badan.
  • Alergi : suplemen ini juga dapat digunakan untuk meringankan gejala eksim akibat alergi. Beberapa riset menunjukkan bahwa spirulina dapat memblokir pelepasan histamin yang bertanggung jawab atas dihasilkannya gejala reaksi alergi.