Tuesday, April 29, 2014

5 Manfaat Mengunyah Permen Karet



Mengunyah permen karet seringkali dianggap sebagai hal yang negatif. Akan tetapi, ternyata ada berbagai manfaat yang bisa didapat jika Anda memiliki kebiasaan mengunyah permen karet setelah makan atau ketika Anda merasa bosan. Riset ilmiah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat memiliki manfaat-manfaat seperti meningkatkan daya ingat, mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi, mengurangi berat badan, meningkatkan kesehatan mulut, dll.

  • Meningkatkan Daya Ingat
    Terdapat psikologi-psikologi yang menyatakan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan daya ingat. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang mengunyah permen karet selama ujian menghasilkan nilai yang lebih baik dibanding orang yang tidak mengunyah permen karet. Terdapat sejumlah penjelasan untuk hal ini.

    Aktivitas mengunyah atau menggerakan rahang secara terus menerus dapat meningkatkan daya ingat. Terjadi peningkatan aktivitas pada daerah otak yang penting bagi daya ingat (hippocampus) ketika mengunyah. Beberapa studi menunjukkan bahwa reseptor insulin pada hippocampus mungkin terlibat atas ingatan. Mengunyah permen karet juga meningkatkan kadar glukosa yang merupakan bahan bakar tubuh dan juga pikiran.

    Mengunyah permen karet juga meningkatkan aliran darah ke otak. Meningkatnya denyut jantung meningkatkan pengiriman oksigen ke otak yang dapat berakibat baik terhadap kemampuan kognitif kita. Beberapa studi melaporkan bahwa aliran darah ke otak meningkat sebanyak 25 sampai 40 persen selama mengunyah permen karet. Selain itu, tindakan mengunyah meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah secukupnya untuk membangunkan bagian kiri dan kanan hemisphere agar dapat bekerja sama.

  • Mengurangi Stress
    Terdapat sejumlah guru yang menganjurkan murid-muridnya untuk mengunyah permen karet selama ujian berlangsung untuk membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, terdapat psikiater-psikiater dan psikologi-psikologi yang percaya bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi tekanan dan membantu menghilangkan rasa gugup. Mengunyah permen karet juga dapat membantu menghilangkan frustasi dan jengkel. Studi terkini menunjukkan bahwa gerakan ritmik mengunyah permen karet memiliki efek mengurangi stress karena perasaan rileks dan puas.

  • Melancarkan Pencernaan
    Mengunyah permen karet membantu meningkatkan pergerakan/motilitas usus. Selain itu mengunyah permen karet juga membantu meningkatkan aliran air liur, sebagai akibatnya kita jadi lebih sering menelan. Ini dapat membantu mencegah refluks asam lambung naik ke tenggorokan.

  • Mengurangi Berat Badan
    Karena permen karet mengandung kalori yang sedikit dibanding snack-snack lain, permen karet dapat digunakan sebagai snack yang tidak merusak pola makan Anda. Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengunyah permen karet makan snack 36 kalori lebih sedikit dibanding dengan orang dewasa yang tidak mengunyah permen karet. Aktivitas mengunyah permen karet mungkin dapat membantu Anda menekan rasa ingin makan snack-snack berkalori tinggi.

  • Meningkatkan Kesehatan Mulut
    Mengunyah permen karet menambah saliva (air liur) yang penting bagi kesehatan mulut dan bertindak sebagai pelindung terhadap gigi berlubang. Air liur memiliki kandungan larutan buffer asam (penyeimbang asam), mineral, dan antibakteri. Karena itu, air liur dapat membantu menyapu gula, sisa-sisa makanan, dan asam.

    Permen karet bebas gula (sugar free) juga memiliki sejumlah manfaat. Permen karet bebas gula tidak menyebabkan kerusakan gigi. Orang-orang yang mengunyah permen karet bebas gula setelah makan memiliki gigi berlubang yang lebih sedikit dibanding orang yang tidak mengunyah permen karet bebas gula setelah makan.

    Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat menyegarkan nafas, memutihkan gigi, mencegah akumulasi noda, dan mengurangi plak.