Saturday, May 17, 2014

9 Manfaat Brokoli



Brokoli adalah sayur yang sangat kaya akan nutrisi, sayuran ini dilengkapi sejumlah nutrisi penting sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Brokoli adalah sumber sejumlah vitamin-vitamin penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, vitamin B2, dan asam folat. Brokoli juga kaya akan kalsium, kalium, kromium, magnesium, zat besi, dan zinc.

Tidak hanya itu, sayuran ini juga mengandung sejumlah fitokimia/fitonutrien dan antioksidan. Brokoli juga merupakan sumber serat yang baik, sayuran ini dapat memenuhi kebutuhan serat larut maupun serat tidak larut. Sayuran ini juga memiliki kandungan lemak yang rendah.

Manfaat-manfaat brokoli antara lain:

  • Antioksidan
    Brokoli merupakan sayuran yang cocok dimakan untuk mendapat antioksidan yang cukup, ini karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam brokoli. Antioksidan sangat penting untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya. Selain vitamin C, brokoli juga mengandung sejumlah antioksidan-antioksidan lain, seperti beta-karoten.

  • Memperkuat Sistem Imun
    Kandungan vitamin C juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dapat membantu mencegah penyakit-penyakit.

  • Melancarkan Pencernaan
    Serat yang kita dapat dengan mengkonsumsi brokoli sangat baik bagi sistem pencernaan tubuh kita. Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli juga dapat membantu mencegah sembelit.

  • Kesehatan Tulang
    Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K, yang sangat penting bagi kesehatan tulang kita, serta dapat membantu mencegah osteoporosis.

  • Mencegah Diabetes
    Brokoli mengandung kromium yang dapat membantu mengatur kadar gula darah serta insulin, sehingga pada akhirnya akan membantu mencegah terkena diabetes.

  • Mencegah Kanker
    Brokoli mengandung glucoraphanin, yang akan diproses oleh tubuh menjadi sulforaphane, yang merupakan senyawa anti-kanker. Senyawa ini dapat mengatasi H.pylori, bakteri yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker lambung. Selain itu, brokoli juga mengandung indole-3-carbinol, antioksidan dan anti-karsinogen yang dapat mencegah kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, serta mendukung fungsi hati/liver.

  • Mengurangi Kolesterol
    Brokoli kaya akan serat larut, serat ini dapat menarik kolesterol keluar dari tubuh kita.

  • Kesehatan Janin
    Ibu hamil dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat dengan mengkonsumsi brokoli. Kekurangan asam folat merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan bayi lahir cacat. Sayuran ini mengandung asam folat yang dapat membantu mengurangi risiko bayi lahir cacat.

  • Kesehatan Mata
    Karotenoid yang dimiliki sayuran ini sangat penting bagi mata kita. Mengkonsumsi brokoli dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti katarak.