Wednesday, May 7, 2014

Pengertian HTML



Kepanjangan HTML adalah HyperText Markup Language. HTML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman-halaman yang ada di Internet atau World Wide Web (www). HTML dikembangkan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990. Hampir semua halaman yang ada di Internet dibuat dengan menggunakan HTML, termasuk halaman tempat Anda berada sekarang.

HTML mendefinisikan struktur suatu halaman Web dengan menggunakan berbagai macam tag dan atribut. Kode-kode HTML dapat memberitahukan kepada browser bagaimana cara menampilkan suatu halaman. Tanpa HTML, browser tidak akan tahu bagaimana susunan suatu halaman, browser hanya akan menampilkan teks polos tanpa format dan tanpa link-link yang dapat menghubungkan satu halaman dengan halaman yang lain.

Struktur dasar halaman HTML yang baik dan benar adalah:

<html>

<head>
</head>

<body>
</body>

</html>


Bagian head menjelaskan berbagai macam hal mengenai halaman tersebut, termasuk judul halaman tersebut. Sedangkan bagian body berisi semua yang ingin ditampilkan pada suatu halaman web, seperti tulisan yang sedang Anda baca saat ini.

HTML5 adalah spesifikasi dari W3C yang mendefinisikan revisi besar kelima dari Hypertext Markup Language. HTML5 memiliki fitur-fitur yang memudahkan pembuatan dokumen yang lebih interaktif.