Thursday, May 8, 2014

Kepanjangan & Pengertian WWW



Kepanjangan WWW adalah World Wide Web. WWW adalah kumpulan dokumen-dokumen hypertext yang saling terhubung satu sama lain dan dapat di akses dengan menggunakan koneksi Internet. Selain terdiri atas semua situs yang terhubung dengan Internet di seluruh dunia, perangkat-perangkat yang berperan sebagai client seperti komputer dan smartphone juga termasuk dalam WWW.

Awal pengembangan World Wide Web dipimpin oleh Tim Berners-Lee pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an. Ia membangun prototype-prototype dengan menggunakan teknologi-teknologi web seperti HTML, HTTP, server, dan web browser. Situs-situs web dan praktik berselancar web (web browsing) menjadi sangat populer pada pertengahan tahun 1990-an.

Jaringan server-server berperan sebagai tulang punggung (backbone) untuk World Wide Web. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) digunakan untuk mengakses web. Web browser mengirim permintaan (request) untuk mendapatkan suatu halaman tertentu kepada web server, yang kemudian membalas dengan halaman yang diminta beserta isi halaman tersebut. Kemudian browser menampilkan halaman web berdasarkan kode-kode HTML yang digunakan pada halaman tersebut.

Setiap resource dapat diidentifikasi dengan uniform resource identifier (URI). Dengan bantuan domain name system (DNS), suatu uniform resource locator (URL) dapat diubah menjadi IP address. DNS merupakan sistem penamaan hirarki untuk komputer-komputer dan resource-resource yang ada di Internet.

Saat ini World Wide Web berperan sebagai sumber untuk berbagai macam informasi yang dapat di akses dari seluruh dunia, tentunya halaman tempat Anda berada saat ini juga termasuk dalam WWW.