Wednesday, May 14, 2014

8 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan



Bawang merah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita, karena itulah bawang merah dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Bawang merah mengandung air hampir sampai 80 persen. Nutrisi yang dikandung oleh bawang merah antara lain karbohidrat, protein, dan lemak. Bawang merah mengandung mineral-mineral seperti fosfor, zinc, dan kalium. Bawang merah juga mengandung kalsium dan vitamin-vitamin.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan bawang merah:

  • Asma
    Jika Anda menderita penyakit asma, bawang merah baik untuk Anda. Anda dapat membuat ramuan untuk mencegah serangan asma. Ramuan ini dapat dibuat dengan mencampur setengah sendok makan jus bawang merah dengan setengah sendok makan madu, lalu ramuan ini dapat dikonsumsi 3 sampai 4 kali sehari.

  • Osteoporosis
    Anda pasti tidak menduga bahwa bawang merah dapat membantu mencegah osteoporosis. Studi terkini di Swiss menunjukkan bahwa bawang merah mengandung peptida yang disebut GCP, peptida ini dikatakan dapat membantu mencegah osteoporosis.

  • Diabetes
    Bawang merah dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Alil propil disulfida dan dialil disulfida yang dikandung bawang merah dipercaya dapat membantu mengurangi tingkat kadar gula darah tubuh. Bawang merah juga dapat meningkatkan produksi insulin. Anda juga dapat mengkonsumsi bawang merah berbarengan dengan bawang putih, karena bawang putih juga dapat membantu mengatasi diabetes.

  • Penyakit Jantung
    Bawang merah dapat membantu mencegah penyakit jantung seperti hipertensi dan arteriosklerosis. Kandungan sulfida dan flavonoid (quercetin) dapat mencegah serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Quercetin juga dapat membantu mengurangi tingkat kadar kolesterol.

  • Kanker
    Bawang merah mengandung antioksidan seperti quercetin dan fenol yang dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker, terutama kanker pada bagian kepala dan leher.

  • Infeksi Sinus
    Sudah berabad-abad lamanya orang Chinese menggunakan bawang merah untuk meredakan infeksi sinus. Akan tetapi, daun bawang diketahui lebih bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi sinus dibandingkan dengan bawang merah. Orang-orang Chinese menaruh jus daun bawang di lubang hidung dengan bantuan kapas. Akan tetapi, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut, karena mencium/menghirup bawang yang dipotong-potong sudah cukup untuk meredakan sinus.

  • Insomnia
    Bawang merah juga dapat membantu mengatasi insomnia. Anda hanya perlu menempatkan potongan-potongan bawang pada toples dan menutupnya rapat-rapat. Hirup aroma sebelum Anda akan pergi tidur. Dengan melakukan hal ini, dipercaya bahwa Anda dapat tidur hanya dalam waktu 15 menit saja. Terdapat cara lain, yakni dengan menaruh bawang yang dicincang halus ke air panas. Buat ramuan dengan mencampurkan satu sendok teh air bawang tersebut dengan 4 tetes madu. Minum ramuan ini sebelum tidur.

  • Detoksifikasi
    Bawang mengandung asam amino seperti metionin dan sistin yang dapat mengikat dan mengeluarkan logam berat seperti mercury, timah, kadmium, dll. Vitamin C yang dikandung bawang juga dapat membantu detox tubuh.