Wednesday, March 12, 2014

6 Cara Mengendalikan Emosi


Emosi adalah perasaan sangat tidak nyaman yang dapat muncul ketika kita sedang frustasi. Orang dapat merasa marah dan jengkel kapanpun dan karena alasan apapun. Setiap individu memiliki pola pikir yang berbeda-beda, karena itu setiap dari kita bisa punya alasan marah yang berbeda-beda. Emosi bukan merupakan hal yang sangat buruk jika kita dapat mengendalikannya. Akan tetapi, banyak masalah akan timbul jika kita tidak dapat mengendalikan emosi kita.

Seringkali emosi kita melukai orang lain atau merusak hubungan kita dengan orang lain, ini seringkali membuat kita menyesal di kemudian hari. Beberapa orang menjadi sangat agresif ketika sedang emosi sampai-sampai memukul orang lain. Karena itulah kita harus sanggup mengendalikan emosi kita agar tidak membahayakan orang-orang disekitar kita yang kita cintai. Cara-cara terbaik untuk mengendalikan emosi antara lain:

  • Pemahaman Terhadap Masalah
    Untuk menyelesaikan masalah apapun Anda harus mengerti bahwa Anda memiliki masalah tersebut. Jika Anda dapat menerima fakta bahwa Anda memiliki masalah emosi, Anda dapat menyelesaikan masalah tersebut. Jika Anda tidak percaya bahwa Anda memiliki masalah emosi, maka menghilangkan masalah tersebut akan menjadi sangat sulit untuk dilakukan.

  • Berpikir Positif
    Emosi biasanya memberikan kita banyak pikiran negatif. Karena itu kita perlu mengubah pikiran-pikiran negatif tersebut menjadi pikiran yang positif. Untuk itu Anda perlu menolak satu per satu semua pikiran negatif yang ada. Jika Anda berhasil melakukannya, Anda dapat hanya fokus terhadap hal-hal positif yang ada dalam hidup.

  • Salurkan Kemarahan Anda
    Ketika Anda merasa emosi, salurkan energi Anda ke hal-hal yang bermanfaat seperti olahraga. Anda akan merasa lelah setelah berolahraga, sehingga energi yang dibutuhkan untuk emosi hilang. Selain olahraga, terdapat orang yang dapat merasa lebih baik setelah teriak di tempat sepi atau memukul-mukul bantal.

  • Menarik Nafas yang Dalam
    Tentunya Anda tidak selalu bisa pergi begitu saja untuk melakukan aktivitas fisik setiap kali Anda emosi. Karena itu hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah duduk dan ambil nafas yang dalam. Kuncinya adalah konsentrasi pada hal selain hal yang membuat Anda emosi.

  • Turunkan Ekspektasi Anda
    Orang akan menjadi frustasi atau stress ketika mereka tidak dapat mencapai hal yang mereka inginkan. Mungkin apa yang Anda mau itu di luar kemampuan yang Anda miliki, karena itu tidak ada gunanya menjadi emosi ketika Anda tidak dapat mencapainya. Anda harus mengerti bahwa terdapat beberapa hal yang tidak mungkin dan berhenti mencoba mencapai hal-hal tersebut.

  • Minta Bantuan Orang Lain
    Beritahu mengenai masalah yang Anda miliki ke orang-orang terdekat seperti teman atau keluarga. Ketika Anda dapat berdiskusi dengan orang lain, kemungkinan besar solusi untuk masalah yang Anda miliki dapat ditemukan lebih cepat. Jika memang diperlukan, Anda dapat meminta bantuan profesional untuk membantu mengatasi masalah emosi yang Anda miliki.