Friday, March 28, 2014

Rumus Massa Jenis


Massa jenis adalah jumlah massa yang terdapat dalam satu unit satuan volume. Rumus massa jenis merupakan total massa dari suatu zat dibagi dengan total volume. Karena itu, benda yang memiliki massa jenis lebih besar akan memiliki beban yang lebih berat meskipun memiliki ukuran yang sama.

Rumus Massa Jenis : ρ = m/V

Dimana :
-ρ merupakan massa jenis, memiliki satuan SI "kg/m3" atau kilogram per meter kubik.
-m merupakan massa, biasanya menggunakan satuan "kg" atau kilogram.
-V merupakan volume, biasanya menggunakan satuan "m3" atau meter kubik.


Atom merupakan partikel terkecil yang menyusun setiap materi yang ada. Massa jenis suatu zat menunjukkan dekatnya jarak antar atom zat tersebut; semakin tinggi kerapatan molekul maka semakin besar pula massa jenisnya.

Zat dapat mengalami perubahan wujud, karena itu suatu zat dapat memiliki massa jenis yang berbeda-beda sesuai dengan wujud zat tersebut.

Contohnya es batu, air, dan uap air terbentuk atas zat yang sama, akan tetapi massa jenis ketiganya berbeda satu sama lain. Ketika es batu dipanaskan, molekul-molekul air menerima energi sehingga molekul-molekul memisahkan diri satu sama lain, menyebabkan es batu itu mencair. Ketika es mencair, wujud zat berubah menjadi cairan dan massa jenis berkurang. Ketika air dipanaskan, maka jarak antar molekul-molekul air semakin bertambah, menyebabkan terbentuknya uap air dan berkurangnya massa jenis.