Thursday, August 22, 2013

Tips Cara Memanjangkan Rambut Agar Rambut Cepat Panjang

rambut panjang indah
Jika Anda bertanya-tanya tentang cara alami untuk memanjangkan rambut Anda, sebelumnya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, pertumbuhan rambut adalah proses yang membutuhkan waktu. Waktu yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda. Tidak ada ramuan ajaib yang dapat membuat rambut Anda tumbuh enam inci dalam semalam.

Anda harus tahu bahwa ada beberapa faktor yang terlibat dalam proses pertumbuhan rambut, beberapa di antaranya berada kesehatan Anda secara keseluruhan, pola makan, kesehatan kulit kepala, kegiatan perawatan rambut, dll. Semua faktor ini memiliki dampak kumulatif pada kesehatan dan tingkat pertumbuhan rambut Anda.

Sekarang mari kita lihat beberapa hal yang dapat membantu dalam mempercepat pertumbuhan rambut:
  1. Cuci Rambut Secara Teratur
    Secara teratur mencuci rambut Anda dengan shampoo yang baik akan membantu dalam membersihkan rambut Anda serta kulit kepala. Keramas membantu dalam menghilangkan semua jejak kotoran, ketombe, serpihan kering, dan residu produk penataan rambut yang dapat menumpuk pada kulit kepala. Rambut bersih adalah rambut sehat, dan semakin sehat rambut Anda, semakin baik pula rambut Anda akan tumbuh.

  2. Asupan Protein
    Anda mungkin tahu bahwa rambut Anda terbuat dari protein. Meningkatkan asupan protein dalam pola makan Anda dapat membantu dalam membuat rambut Anda kuat dan sehat dan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan kaya protein seperti telur, ikan, ayam, kacang-kacangan, dll.

  3. Minyak Rambut
    Meminyaki rambut Anda beberapa kali seminggu baik bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda. Minyak almond, minyak kelapa, dan minyak zaitun adalah pilihan yang baik untuk digunakan sebagai minyak rambut. Menggunakan minyak esensial seperti minyak jojoba, minyak rosemary, minyak pohon teh, dll dikombinasi dengan salah satu minyak rambut yang telah disebutkan sebelumnya, dapat memberikan banyak manfaat sehubungan dengan perawatan rambut dan pertumbuhan rambut.

  4. Pijat Kepala
    Secara teratur memijat kulit kepala Anda menggunakan ujung jari Anda dikatakan sangat bermanfaat untuk perawatan rambut secara keseluruhan. Karena memijat kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah yang mengakibatkan lebih banyak suplai darah yang didapat oleh sel-sel. Akibatnya, sel-sel bisa terangsang, folikel/akar rambut menjadi lebih kuat dan kekuatan rambut Anda meningkat. Memijat kulit kepala bisa dilakukan kapan saja, dan Anda juga dapat memijat kepala menggunakan minyak rambut.

  5. Pangkas Rambut Secara Teratur
    Meskipun terdengar kontradiktif. Namun, memang benar bahwa pemangkasan teratur dapat membantu pertumbuhan rambut sampai batas tertentu. Ini bukan berarti bahwa Anda harus memotong rambut sampai rambut Anda jadi pendek. Pemangkasan teratur yang dimaksud adalah demi menyingkirkan rambut-rambut yang rusak, beberapa centi dari ujung rambut saja cukup.

  6. Yoga
    Pose yoga seperti headstand, camel pose, cobra pose dan cow pose dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Image courtesy of Kara Harms, via Flickr