Friday, January 17, 2014

Sejarah Kertas: Siapa Penemu Kertas?


Dalam sejarah terdapat penemuan-penemuan yang benar-benar mengubah cara hidup kita saat ini. Salah satu dari penemuan tersebut adalah penemuan kertas. Bayangkan jika kertas tidak pernah ditemukan. Anda mungkin berpikir dengan adanya komputer kita tidak membutuhkan kertas, tapi apakah akan ada komputer jika kertas tidak pernah ditemukan?


Siapa Penemu Kertas?

  • Papyrus - Orang Mesir
    Seni pembuatan kertas pertama dimulai oleh orang Mesir sekitar tahun 3500 SM. Papyrus ini dibuat dari empulur tumbuhan papirus. Batang tanaman ini dipotong-potong menjadi tipis lalu direndam dalam air dengan sedikit kandungan gula. Setelah direndam kemudian dijadikan bubur, bubur ini dikeringkan sehingga menjadi lembaran papyrus. Ini dianggap sebagai upaya pertama pembuatan kertas. Jadi orang Mesir adalah orang pertama yang menemukan kertas.

    Fakta menarik, bahasa Inggris dari kertas, 'paper' merupakan hasil turunan dari bahasa Latin 'papyrus' ini.


  • Kertas - Orang Cina
    Orang Cina adalah orang pertama yang menemukan kertas yang kita gunakan sehari-hari. Sebelum kertas ditemukan, orang Cina menggunakan perkamen sutra atau bambu untuk menulis. Namun keduanya berat dan tidak praktis digunakan. Penemu kertas dan orang pertama yang membakukan produksi kertas adalah Tsai Lun.

    Tsai Lun adalah seorang kasim yang memegang jabatan Shang Fang Si, yang berarti bahwa ia bertanggung jawab atas manufaktur intrumen dalam Imperial Court Kaisar Han Ho Ti. Penemuan kertas memberikan Tsai Lun kekayaan yang berlimpah dan status kebangsawanan. Namun kemudian ia terlibat dalam intrik istana dan dijatuhi hukuman penjara. Saat itulah ia mengkonsumsi racun dan mengakhiri hidupnya.

    Menurut legenda, dipercaya bahwa ia mengamati tawon membuat sarangnya kemudian menggunakan teknik yang sama untuk membuat kertas. Ia memperlihatkan kepada Kaisar Han Ho Ti lembar kertas yang pertama dan proses pembuatan kertas pada tahun pertama dari Yuan-Hsing, tahun 105 AD.

    Tsai Lun menggunakan empulur pohon murbei, serat bambu, dan kain untuk membuat kertas. Empulur dan serat dicampur dalam air dan dikeringkan dengan sehelai kain. Setelah kering, teciptalah permukaan untuk menulis yang ringan. Perlahan penggunaan kertas menyebar ke seluruh kerajaan.

    Orang Cina sangat menjaga rahasia pembuatan kertas selama berabad-abad. Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas menyebar ke Arab di abad ke-8 dan Eropa pada akhir abad ke-14. Ini kemudian mengubah secara drastis cara berkomunikasi dan menyimpan informasi.

Dapat disimpulkan bahwa meski usaha pertama pembuatan kertas dilakukan oleh orang Mesir, penemu kertas yang kita gunakan sehari-hari adalah Tsai Lun, yang menemukan lembar kertas pertama pada tahun 105 Masehi.

photo by Sara Grajeda