Thursday, January 16, 2014

Pengertian & Fungsi Motherboard


Motherboard adalah komponen penting dari komputer. Motherboard adalah papan circuit yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai komponen dari komputer. Motherboard berbentuk persegi dan datar. Motherboard juga memiliki nama lain seperti main board, system board, dan logic board; motherboard juga sering disingkat menjadi 'mobo'.

Motherboard memiliki banyak port dan slot yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat keras komputer. Komponen-komponen seperti CPU, RAM, hard disk, optical drive, disk drive, video card, & sound card semuanya dicolokkan ke socket pada motherboard, secara langsung maupun menggunakan kabel. Fungsi motherboard sangat krusial dalam pertukaran data dan informasi semua perangkat periferal yang terhubung.

Motherboard juga digunakan oleh banyak perangkat elektronik lain seperti televisi, ponsel, jam, dsb. Perlu diketahui bahwa satu motherboard tidak dapat kompatibel dengan semua komponen/periferal yang ada, contohnya socket CPU berbeda-beda untuk berbagai CPU. Produsen biasanya memberikan informasi tentang produk-produk yang kompatibel dengan motherboard yang mereka jual.

Motherboard memiliki Basic Input/Output System (BIOS), perangkat lunak yang diinisialisasi oleh komputer ketika dinyalakan. Chipset BIOS digunakan untuk mengendalikan setup komputer.

Motherboard juga memiliki real-time clock yang merupakan chip yang dioperasikan dengan baterai, yang memungkinkan komputer untuk menjaga agar waktu selalu tepat serta melakukan fungsi-fungsi sederhana lainnya.

Tidak semua motherboard sama. Terdapat berbagai macam ukuran motherboard. Tata letak motherboard juga berbeda-beda. Chipset yang digunakan oleh motherboard juga berbeda-beda. Contohnya pada motherboard untuk CPU Intel, biasanya motherboard memiliki beberapa chipset berbeda, motherboard dengan chipset yang berbeda memiliki fitur-fitur yang berbeda. Sebelum membeli, pastikan bahwa motherboard yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda.

motherboard photo by Mike Babcock