Saturday, July 27, 2013

7 Manfaat Banyak Minum Air Putih Setiap Hari

air dalam gelas

Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda sebaiknya minum antara 8 sampai 10 gelas air setiap hari. Tapi apa manfaat untuk minum banyak air? Minum air sangat penting untuk semua makhluk hidup baik tanaman maupun hewan.

Bagaimana Tubuh Manusia Gunakan Air Minum?

Setiap sel dalam tubuh manusia membutuhkan air. Berat badan Anda hampir dua pertiga adalah air. Jika berat tubuh anda 68 kg, sekitar 45 kg itu adalah air.

Sel tubuh menggunakan air minum sebagai jasa pengiriman. Setiap sel dipisahkan dari lingkungannya oleh membran sel. Untuk melakukan tugasnya, sel perlu mengimpor nutrisi dan ekspor limbah. Air adalah jasa pengiriman, membawa nutrisi dan mengambil sampah. Sel darah merah dan putih, sel-sel otot, atau sel saraf, mereka semua membutuhkan air. Tanpa air, sebagian besar sel-sel Anda akan tersumbat dengan sampah, dan mati kelaparan karena kekurangan nutrisi.

Sel-sel sehat, dengan banyak air minum, akan tetap bersih dan dipelihara. Seperti mesin bersih pada mobil baru dan terus diberi bensin berkualitas, sel-sel sehat dapat menjaga tubuh manusia di sepanjang perjalanan hidup.

Berikut ini adalah 7 dari sekian banyak manfaat dari minum banyak air:
  1. Otak : Sel-sel otak yang menerima cukup air dapat mensirkulasikan darah bersih dengan lebih baik. Otak tetap segar dan waspada. Kekurangan air pada otak dapat menyebabkan tingkat kinerja mengalami penurunan sebanyak 20 sampai 30 persen.
  2. Otot : Sel-sel otot dengan pasokan air minum yang cukup dapat bekerja lebih lama tanpa merasa lelah. Air dapat terus memberikan pasokan \oksigen ke otot. Jika anda berolahraga dalam cuaca panas, otot anda butuh air minum lebih setiap 15 menit agar dapat tetap kuat.
  3. Sistem pendingin tubuh : Suhu tubuh Anda dipertahankan dengan menggunakan air minum. Air mengatur suhu tubuh dengan mengeluarkan keringat. Untuk mempertahankan suhu normal 37 derajat Celcius pada saat hari panas atau saat berolahraga, tubuh mengeluarkan keringat. Keringat mendinginkan tubuh, tapi keringat menggunakan air. Kita harus minum banyak air putih untuk mengisi pasokan air tubuh.
  4. Saraf : Sel-sel saraf mengirimkan pesan ke dan dari otak. Untuk melakukan ini, mereka harus menggunakan elektrolit. Minum air merupakan hal penting untuk mempertahankan elektrolit pada tingkat yang tepat sehingga saraf dapat melakukan pekerjaan mereka.
  5. Perut dan saluran usus : Tubuh kita menggunakan air minum untuk mencerna makanan di saluran pencernaan. Air minum yang kurang memadai akan memperlambat proses tersebut, mengakibatkan sembelit dan masalah kesehatan lainnya.
  6. Perlindungan mata dan mulut : Air membuat mata dan mulut anda lembab. Air tersebut juga membantu mencuci kotoran dan debu pada mata Anda.
  7. Persendian : Minum air seperti meminyaki sendi tubuh Anda. Air melumasi sendi, menjaga mereka agar tetap fleksibel dan memastikan gerakan mulus.

Salah satu manfaat paling penting untuk minum banyak air adalah manfaat pada ginjal. Urin yang hampir seluruhnya air, mengeluarkan limbah dari tubuh. Air dalam tubuh berkurang karena kita mengeluarkan urin, karena itu anda harus minum air untuk mengganti air yang keluar. Jika anda kurang minum air racun dari limbah yang tidak dikeluarkan dapat terus terkumpul.

Meskipun minum banyak air baik untuk tubuh anda, minum terlalu banyak air dalam jangka waktu yang pendek merupakan hal yang membahayakan tubuh anda. Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan keracunan air(water intoxication) atau juga hidrasi berlebihan(overhydration).

Image courtesy of mattandkim