Tuesday, July 30, 2013

Cara Mengatasi Sunburn atau Kulit Terbakar Sinar Matahari


Sunburn disebabkan karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Ini adalah kejadian umum pada mereka yang pergi memancing, mengunjungi pantai, bekerja di halaman, atau berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena sinar ultraviolet dari matahari membakar kulit. Sunburn menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit. Gejala ringan termasuk kelelahan dan pusing. Beberapa bahkan dapat memiliki gejala seperti menggigil, demam, mual, atau muntah.

Dalam kasus terbakar sinar matahari yang parah, disebut juga sebagai keracunan matahari, gejala termasuk kulit terbakar parah dengan banyak lepuh di atasnya. Orang mungkin juga menderita dehidrasi akut, ketidakseimbangan elektrolit, dan infeksi. Beberapa bahkan mengalami shock karena kurangnya sirkulasi darah ke organ vital. Kasus sunburn yang sangat parah bahkan dapat menyebabkan kematian. Namun, ada beberapa perawatan sederhana untuk kulit terbakar sinar matahari yang berguna untuk meringankan gejala keracunan matahari ringan.


Cara Mengobati Sunburn

Hindari sinar matahari segera setelah Anda merasa bahwa Anda mungkin terkena sunburn. Meskipun mungkin ini sulit untuk disadari, mengetahui gejala kulit terbakar sinar matahari dapat membantu Anda dalam hal ini. Cara terbaik untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari tentunya dengan menghindari sinar matahari terik. Menjaga tubuh tetap dingin saat menderita sunburn adalah kunci untuk pengobatan yang efektif. Sering-seringlah mandi dengan air dingin. Namun, pastikan bahwa air tidak terlalu dingin.

Menambahkan oatmeal atau baking soda untuk mandi dikenal dapat memberikan bantuan untuk kasus-kasus kulit terbakar ringan. Jangan menggosok kulit saat mandi. Hindari menggunakan minyak, garam mandi, atau parfum karena kulit terbakar sinar matahari itu sensitif; sehingga menggunakan barang-barang tersebut dapat memicu beberapa reaksi yang tentunya tidak diinginkan. Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan diri. Jangan gosok dengan handuk, tepuk-tepuk saja dengan ringan sampai kering.

Sunburn ringan juga dapat diobati dengan kompres campuran setengah susu dan setengah air. Rendam kain lembut dalam larutan campuran susu dan air. Bilas dan terapkan ke daerah yang terkena selama 15-20 menit.

Jagalah area kulit yang terkena tetap lembab menggunakan lotion berbasis lidah buaya atau krim pelembab berbasis air. Anda juga dapat menggunakan krim yang berbasis hidrokortison. Calamine lotion juga dapat digunakan untuk melegakan rasa gatal. Namun, jangan gunakan lotion yang memiliki obat bius lokal karena dapat memicu reaksi alergi pada kulit.

Sunburn juga dapat diobati dengan beberapa pengobatan rumah mudah. Potong kentang dan terapkan kandungan air kentang tersebut di daerah yang terbakar. Ini dapat memberikan efek melegakan dengan cepat. Anda juga bisa kompres daerah yang terkena dengan teh chamomile atau chamomile yang diencerkan dalam air hangat. Tambahkan 2 sampai 3 tetes minyak lavender dengan 1 sendok teh minyak sayur. Ramuan ini dapat diterapkan pada kulit terbakar untuk membantu meringankan.

Dalam kasus adanya kulit melepuh, biarkan saja jangan dipecahkan. Memecahkan lepuh tersebut dapat memperpanjang proses penyembuhan. Selain itu juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi. Jika perlu, Anda dapat menutupi lepuh dengan kain kasa.

Obat anti-inflamasi seperti aspirin atau ibuprofen juga dapat dikonsumsi untuk membantu meringankan rasa sakit karena kulit terbakar sinar matahari. Ikuti petunjuk yang diberikan pada label. Jangan berikan aspirin pada anak-anak karena dapat menyebabkan Sindrom Reye, sebuah penyakit langka, yang dapat menyebabkan kematian.


Kapan Konsultasi Dokter Diperlukan

Meskipun dalam kebanyakan kasus pengobatan sunburn dapat dilakukan dengan pengobatan sederhana di rumah saja, pengobatan kulit terbakar yang parah sebaiknya dilakukan oleh dokter. Carilah bantuan medis jika menderita salah satu kondisi berikut:
  • Kulit terbakar parah sekaligus melepuh pada sebagian besar tubuh.
  • Menderita demam tinggi atau rasa sakit bersama dengan sengatan matahari.
  • Sunburn tidak sembuh dalam beberapa hari dengan perawatan di rumah.

Pengobatan untuk kulit terbakar sinar matahari membutuhkan waktu untuk menunjukkan efeknya. Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah terkena sunburn. Ketika anda pergi keluar, sebisa anda selalu berada di tempat teduh. Selain itu, tutupi kulit tubuh dengan pakaian katun yang longgar. Gunakan tabir surya berkualitas dan minum banyak air untuk menjaga diri tetap terhidrasi.

Image courtesy of pthread