Thursday, September 12, 2013

7 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel merupakan unit dasar pembentuk setiap makhluk hidup di dunia. Tapi sel memiliki perbedaan dalam aspek-aspek tertentu dari satu organisme ke organisme lainnya.

Contohnya, sel bakteri dan ganggang hijau biru adalah sel prokariotik primitif, sedangkan sel tumbuhan dan hewan adalah sel eukariotik yang lebih maju dibanding prokariotik. Perbedaan antara prokariotik dan eukariotik secara umum adalah prokariotik tidak memiliki membran inti, sedangkan eukariotik memiliki membran inti dan organel-organel.

Tergantung pada kompleksitas organisme, jumlah dan jenis-jenis sel dapat berbeda. Contohnya amuba adalah eukariot sederhana yang hanya memiliki satu sel. Sebaliknya, ada 3 jenis sel yang dimiliki tumbuhan pada umumnya, serta lebih dari 200 jenis sel pada hewan. Selain jenis sel, terdapat beberapa perbedaan antara sel tumbuhan dan hewan.

Dalam hal struktur anatomi sel dan bagian-bagiannya, sel tumbuhan dan hewan memiliki beberapa perbedaan. Berikut dibawah ini gambar struktur sel hewan dan sel tumbuhan.

Gambar Sel Hewan:
Gambar Sel Tumbuhan:
Terdapat 7 perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan antara lain:
  1. Bentuk Sel & Pembelahan
    Bentuk sel tumbuhan lebih ke persegi, sedangkan sel hewan melingkar. Mekanisme pembelahan sel atau sitokinesis pada sel tumbuhan berbeda dengan sel hewan. Sitokinesis sel tumbuhan berlangsung dengan pembentukan lempeng sel, sedangkan pada sel hewan terjadi dengan pelekukan yang membagi sel menjadi dua.

  2. Dinding Sel
    Sel tumbuhan memiliki dinding sel, sedangkan pada sel hewan tidak terdapat dinding sel. Dinding sel ini tersusun atas selulosa yang bersifat kaku dan keras, bertugas untuk melindungi dan memberikan bentuk yang tetap. Pada sel hewan terdapat membran plasma pada lapisan terluar. Secara singkat, sel tumbuhan memiliki dinding sel dan membran plasma, tapi sel hewan hanya memiliki membran plasma saja.

  3. Kloroplas
    Perbedaan utama antara sel tumbuhan dan sel hewan adalah adanya kloroplas pada tumbuhan. Kloroplas bertugas mengumpulkan cahaya dari matahari dan melakukan fotosintesis dengan bantuan air dan karbon dioksida. Dengan fotosintesis tanaman menghasilkan gula dan oksigen.

  4. Plastida
    Sel ganggang/algae dan tumbuhan memiliki organel plastida. Plastida bertanggung jawab atas produksi dan penyimpanan senyawa kimia, termasuk pigmen tumbuhan. Berdasarkan jenis plastida warna sel dapat bervariasi. Misalnya kloroplas adalah jenis plastida yang berwarna hijau.

  5. Vakuola
    Perbedaan lain yang signifikan adalah terdapatnya vakuola yang berukuran besar pada sel tumbuhan. Vakuola dalam sel tumbuhan menempati sekitar 90 persen dari volume sel serta memiliki peran yang penting. Dalam sel hewan vakuola kecil, tidak signifikan, dan banyak jumlahnya.

  6. Silia dan Sentriol
    Silia merupakan proyeksi mirip lambut yang terdapat pada permukaan luar sel. Proyeksi ini tidak terdapat pada sel tumbuhan, sedangkan sel hewan memiliki silia di permukaan luarnya. Demikian juga sentriol merupakan organel yang hadir pada sel hewan, sementara tidak ada pada sel tumbuhan.

  7. Lisosom
    Lisosom adalah organel yang dimiliki sel hewan tapi tidak dimiliki oleh sel tumbuhan. Lisosom ini terdapat pada sitoplasma sel hewan, menyimpan enzim untuk memecah molekul nutrisi.

Tentunya terdapat persamaan juga antara sel hewan dan sel tumbuhan terlepas dari perbedaan yang diatas. Keduanya merupakan sel eukariotik dan memiliki organel-organel kompleks.

Microscope Image by Milosz1, via Flickr