Thursday, February 20, 2014

5 Dampak Hujan Asam


Hujan asam dapat disebut sebagai hujan yang mengandung jumlah asam berbahaya yang tinggi. Meski hujan asam dapat terjadi sebagai akibat dari letusan gunung berapi dan sambaran petir, penyebab utama dari hujan asam adalah pelepasan gas berbahaya oleh pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor. Gas-gas berbahaya ini dapat menyebabkan kerusakan ekologis, bahkan sebelum berubah menjadi asam.

Dampak negatif dari hujan asam dapat terlihat pada flora & fauna, hutan-hutan, tanah, dan kesehatan manusia. Selain mengancam kesehatan manusia, hujan asam juga merupakan alasan utama dari kepunahan bentuk kehidupan tertentu. Dibawah ini dijabarkan secara lebih rinci mengenai dampak hujan asam terhadap ekosistem:

  • Dampak Hujan Asam pada Vegetasi
    Hujan asam diketahui dapat menyebabkan korosi pada lapisan pelindung yang menutupi daun tanaman, yang mempengaruhi fotosintesis tanaman tersebut. Karena kekurangan gizi, tanaman jadi rentan terhadap penyakit. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa hutan-hutan di Jerman banyak yang binasa. Penyebab lain kurangnya nutrisi pohon-pohon juga mungkin disebabkan karena hujan asam yang diserap oleh tanah. Asam-asam yang berbahaya dapat merusak akar pohon-pohon.

  • Dampak Hujan Asam pada Tanah
    Tanah mengandung sejumlah logam dan mineral yang melimpah. Ketika logam-logam ini bersentuhan dengan hujan asam, reaksi kimia yang berbahaya dapat terjadi. Reaksi-reaksi kimia ini dapat menyebabkan erosi tanah. Hujan asam juga diketahui dapat mengurangi kesuburan tanah, menyebabkan tanah menjadi tandus. Asam berbahaya juga dapat mengurangi jumlah mikroorganisme yang hidup di tanah, mikroorganisme di tanah penting untuk menguraikan tumbuhan & makhluk lain yang mati dan membusuk.

  • Dampak Hujan Asam pada Flora dan Fauna Akuatik
    Hujan asam dapat mempengaruhi kehidupan akuatik secara langsung, karena hewan dan tumbuhan akuatik secara langsung mengkonsumsi asam sulfat dan asam nitrat yang dikandung hujan asam. Asam-asam yang berbahaya ini dapat mempengaruhi kemampuan ikan untuk menyerap nutrisi, garam, dan oksigen. Hewan-hewan air mengambil oksigen dengan insang mereka, tapi asam dapat menyebabkan pembentukan lendir pada insang mereka, sehingga menghambat kemampuan mereka untuk respirasi. Hujan asam juga mempengaruhi tingkat pH air sehingga mengurangi kapasitas penyerapan nutrisi esensial dari kehidupan akuatik. Ini juga mengganggu proses reproduksi ikan yang menyebabkan telur-telur menjadi lemah/rapuh.

  • Dampak Hujan Asam pada Kesehatan Manusia
    Hujan asam tidak memiliki dampak langsung terhadap manusia. Hujan asam terlihat dan terasa seperti hujan biasa. Namun, hujan asam memiliki dampak buruk terhadap manusia. Karena hujan asam membuat tanah menjadi beracun, tumbuhan yang ditanam di tanah tersebut juga jadi terkontaminasi. Makanan yang terkontaminasi tersebut dapat mengganggu sistem tubuh kita dan bahkan menyebabkan kematian. Hujan asam juga dapat mencemari air minum sehingga menyebabkan masalah kesehatan. Polutan yang dikandung hujan asam dapat berinteraksi dengan atmosfer dan menghasilkan gas yang dapat menyebabkan masalah paru-paru.

  • Dampak Hujan Asam pada Monumen Bersejarah
    Hujan asam dapat merusak jendela kaca patri, membuat logam jadi berkarat, dan merusak warna cat. Hujan asam berinteraksi dengan kalsium dan membentuk kalsium bikarbonat, yang dapat dengan mudah dibersihkan. Salah satu efek drastis dari hujan asam dapat terlihat pada salah satu dari tujuh keajaiban dunia, yakni Taj Mahal di India. Dinding-dinding marmer dan pilar-pilar monumen buatan manusia ini terkikis oleh hujan asam.

photo by Bent Tranberg