Monday, February 24, 2014

10 Penyebab Terjadinya Banjir


Banjir merupakan bencana alam yang sudah sangat sering melanda jutaan orang di seluruh dunia. Tidak jarang bencana banjir menelan korban jiwa. Selain membahayakan nyawa, tentunya banjir juga menyebabkan kerugian finansial yang tidak sedikit.

Terdapat beberapa jenis penyebab terjadinya bencana banjir. Banjir yang disebabkan oleh hujan deras disebut banjir alami, tentunya hujan deras adalah alasan banjir yang paling umum. Selain penyebab alami, banjir juga dapat disebabkan perbuatan manusia atau hal yang tak terduga seperti bendungan jebol.


Penyebab Alami

  • Hujan
    Hujan lebat yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan penggenangan air di jalan-jalan serta menyebabkan kenaikan air di tempat-tempat penampungan air. Air yang bertambah secara tiba-tiba ini dapat menyebabkan meluapnya air di daerah-daerah dengan ketinggian yang rendah, menenggelamkan wilayah-wilayah tersebut. Daerah pesisir dan daerah dengan curah hujan tinggi lebih rentan terhadap banjir. Daerah-daerah dengan sistem drainase yang tidak baik juga sangat rentan terhadap banjir selama musim hujan.

  • Salju Mencair
    Salju yang mencair menyebabkan kenaikan air di berbagai belahan dunia. Ketika musim panas tiba, salju yang sudah terakumulasi mencair, menyebabkan kenaikan air di tempat-tempat penampungan air sekitarnya. Faktor lain yang bisa dianggap sebagai penyebab banjir adalah pemanasan global atau global warming. Peningkatan suhu menyebabkan mencairnya gletser-gletser dan gunung-gunung es. Lapisan es yang mencair ini menyebabkan kenaikan permukaan laut sehingga terjadi banjir di daerah-daerah pesisir.

  • Gelombang Laut Besar
    Terdapat 2 jenis gelombang laut yang dapat menyebabkan banjir, yakni gelombang pasang surut air laut dan tsunami. Gelombang pasang adalah gelombang laut yang disebabkan oleh gaya tarik matahari dan bulan. Tsunami adalah gelombang laut yang disebabkan oleh gempa bumi bawah laut atau letusan gunung berapi. Kedua gelombang ini dapat bergerak dengan sangat cepat dan tiba-tiba, menghancurkan apapun yang dilewatinya.

  • Angin Ribut
    Angin ribut dapat menyebabkan banjir karena biasa hadir bersamaan dengan angin kencang dan hujan deras. Angin ribut juga dapat menyebabkan storm surge, yakni kenaikan air laut yang disebabkan oleh terdorongnya permukaan air laut oleh angin. Storm surge ini dapat menyebabkan banjir di daerah-daerah pesisir.

  • Pendangkalan/Sedimentasi Berlebihan
    Sungai mengalir ke laut juga membawa sedimen dan lumpur. Setelah melewati jangka waktu tertentu, lumpur yang terakumulasi mengendap di dasar sungai sehingga sungai menjadi dangkal. Pendangkalan yang berlebihan menyebabkan sungai mudah meluap, terutama selama musim hujan.


Banjir Akibat Perbuatan Manusia

  • Penggundulan Hutan
    Hutan-hutan dapat membantu menyerap air yang berlebihan. Selain itu hutan-hutan juga dapat membantu menghentikan aliran air. Karena kebutuhan manusia yang semakin lama semakin meningkat, pohon-pohon seringkali ditebang sembarangan. Erosi tanah pun terjadi karena tidak adanya pohon-pohon kuat yang dapat menahan tanah pada tempatnya. Karena tidak ada yang menahan arus air, sungai pun akan terisi jauh lebih cepat sehingga dapat menyebabkan daerah sekitarnya terkena banjir. Penggundulan hutan yang sangat ekstrim sering menyebabkan banjir bandang.

  • Buang Sampah Sembarangan
    Sampah yang dibuang sembarangan dapat menyumbat saluran air dan memenuhi sungai. Pembangunan jembatan, bangunan, dan jalan di sepanjang tepi sungai juga seringkali menyebabkan puing-puing tersebar di sepanjang tepi sungai dan dasar sungai. Puing-puing dan sampah-sampah tersebut menyebabkan ketinggian air sungai meningkat sehingga sungai tersebut menjadi lebih mudah meluap, menyebabkan terjadinya banjir di daerah sekitarnya.

  • Reklamasi Lahan
    Daerah tepi sungai & pesisir dipenuhi pasir serta dinding-dinding beton yang dibangun untuk membatasi aliran air. Dengan terbatasnya ruang sungai, sungai menjadi sangat mudah meluap dan menyebabkan daerah sekitarnya banjir.

  • Pembangunan Bendungan dan Waduk
    Bendungan buatan manusia digunakan sebagai waduk penyimpanan air, pembangkit tenaga listrik, dan pengendalian banjir. Ketika terjadi hujan yang sangat deras, ketinggian air waduk dapat meningkat secara signifikan, bendungan akan dibuka ketika air sudah terlalu tinggi untuk mencegah air meluap ke bendungan. Melepaskan jumlah air yang berlebihan akan menyebabkan terjadinya banjir di daerah sekitarnya.


Penyebab yang Tak Terduga

  • Bendungan Jebol
    Bendungan dapat jebol jika pembangunan tidak benar atau pemeliharaan yang kurang baik. Selain kesalahan manusia, bendungan juga dapat jebol oleh karena terjadinya gempa. Bendungan jebol dapat menyebabkan bencana besar. Bendungan jebol akan menyebabkan banjir besar dengan sangat cepat, mengancam jiwa orang-orang yang hidup disekitar bendungan yang jebol tersebut.

photo by US Geological Survey