Tuesday, June 10, 2014

Pengertian IP Address



IP address adalah tanda pengenal setiap komputer atau perangkat pada suatu jaringan TCP/IP. Jaringan menggunakan protokol TCP/IP untuk menentukan rute suatu pesan berdasarkan IP address tempat tujuan. Internet adalah salah satu jaringan yang termasuk sebagai jaringan TCP/IP.

IP adalah singkatan dari Internet Protocol, jadi IP address adalah Internet Protocol address. Internet Protocol adalah sekumpulan aturan yang menentukan jalannya aktivitas Internet, serta membantu dilakukannya berbagai tindakan dalam World Wide Web. IP address memungkinkan dilakukannya komunikasi dua arah, dengan mengidentifikasi suatu perangkat dan tujuannya.

IP address terdiri atas 4 bagian, tiap bagian memiliki angka yang bisa memiliki nilai dari 0 sampai 255. IP address memiliki panjang 32 bit, sehingga setiap bagian memiliki panjang 8 bit. Tanda titik (.) digunakan untuk memisahkan masing-masing bagian. Contohnya "127.0.0.1" merupakan IP address untuk localhost, yakni mengacu kepada perangkat itu sendiri. Sekumpulan angka yang digunakan sebagai IP address memungkinkan kita mengirim dan menerima data melalui koneksi internet yang kita miliki.

Sebenarnya terdapat 2 standar yang digunakan untuk IP address, yakni IP versi 6 (IPv6) dan IP versi 4 (IPv4). Biasanya, IP address yang dimaksudkan oleh orang awam adalah IPv4. IPv6 memiliki panjang 128 bit. IPv6 dibagi menjadi 8 bagian yang masing-masing berukuran 16 bit. 16 bit tersebut juga bisa diubah ke dalam bentuk heksadesimal, agar memiliki panjang 4 digit saja. Selain itu, setiap bagian dipisahkan dengan tanda titik dua (:), berbeda dengan IPv4 yang menggunakan tanda titik sebagai pemisah.


Cara Cek IP Address Komputer Sendiri

Anda dapat cek IP address dengan menggunakan command line ipconfig:
  • Luncurkan command prompt dengan menekan Windows-R, ketik cmd, lalu klik OK. Atau bisa juga diluncurkan melalui Start Menu -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt.
  • Ketik ipconfig.
  • Tekan enter.

Anda juga bisa melakukan pencarian di Google untuk menemukan IP address Anda. Ketik saja "what is my IP address" di Google.