Friday, June 6, 2014

Pengertian Barter



Barter adalah pertukaran barang atau jasa yang terjadi tanpa ada penggunaan mata uang. Barter dilakukan sedemikian rupa sehingga dapat menguntungkan kedua pihak. Barter dilakukan oleh individu-individu, perusahaan-perusahaan, maupun negara-negara. Barter seringkali menjadi pilihan ketika saat inflasi tinggi atau tidak memiliki uang yang cukup.

Contohnya seorang peternak sapi menukarkan sapinya dengan beras dari petani. Banyaknya ekor sapi dan beras akan ditentukan dengan melakukan diskusi. Kedua pihak menentukan apakah penawaran pihak lawan memiliki nilai yang setara dengan imbalan yang perlu diberikan.

Tidak hanya pertukaran barang dengan barang saja, kemampuan yang Anda miliki juga dapat digunakan dalam barter. Misalnya Anda ahli HTML, Anda bisa menawarkan untuk membuat website, sebagai imbalannya, Anda diberikan sejumlah daging sapi yang dianggap bernilai setara. Logikanya, barang atau jasa apapun bisa digunakan untuk melakukan barter.

Barter merupakan metode yang sangat efektif dan menguntungkan, bukan hanya merupakan alternatif untuk transaksi biasa. Hanya saja, seringkali sulit untuk benar-benar memuaskan keinginan kedua pihak. Selain itu, barter hanya dapat dilakukan dengan orang yang Anda kenal. Akan tetapi, dengan munculnya Internet, saat ini Anda dapat mencari orang untuk diajak barter barang/jasa dengan memanfaatkan website-website tertentu.