Friday, June 13, 2014

Contoh Perangkat Input dan Output Komputer



Istilah "input" dan "output" itu sendiri memiliki arti "masukan" dan "keluaran" dalam Bahasa Indonesia. Jadi, perangkat input adalah perangkat-perangkat yang dapat digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Sedangkan, perangkat output adalah perangkat-perangkat yang dapat digunakan untuk menampilkan keluaran dari komputer.


Contoh Perangkat Input

  • Keyboard
    Keyboard digunakan untuk memasukkan informasi dalam bentuk teks. Keyboard juga digunakan untuk memberikan perintah (command) kepada komputer untuk menjalankan suatu tindakan tertentu. Meski perintah seperti itu biasa diberikan dengan menggunakan mouse, keyboard juga seringkali memiliki shortcut untuk memberikan perintah yang sama.

  • Mouse
    Mouse merupakan perangkat penunjuk yang biasa diletakkan di meja dan digerakkan dengan tangan. Mouse standar memiliki 2 tombol klik dan 1 scroll wheel. Mouse tradisional menggunakan bola pada bagian bawah yang akan berputar ketika mouse digerakkan pada suatu permukaan; berdasarkan pergerakan bola, informasi di transmisi ke komputer melalui kabel. Optical mouse merupakan versi mouse yang lebih baru, mouse ini menggunakan cahaya dan sensor optik untuk mendeteksi pergerakan mouse. Terdapat juga wireless mouse, yakni mouse tanpa kabel; mouse ini berkomunikasi dengan komputer melalui gelombang radio (biasanya BlueTooth).

  • Touchpad
    Hampir semua laptop yang ada saat ini memiliki perangkat penunjuk touchpad. Cursor yang ada di layar dapat digerakkan dengan menyeret jari di permukaan touchpad. Terdapat tombol pada bagian bawah touchpad untuk klik kiri dan klik kanan.

  • Trackpoint atau Pointing stick
    Beberapa notebook menggunakan trackpoint karena tidak memiliki tempat yang cukup untuk touchpad, meski terkadang ada notebook yang memiliki keduanya. Trackpoint ditempatkan di antara tombol-tombol keyboard. Trackpoint memiliki bentuk seperti joystick kecil dan dapat digunakan untuk mengendalikan posisi cursor di layar.

  • Trackball
    Trackball terlihat seperti mouse tradisional yang terbalik, dengan bola terdapat di bagian atas. Bola pada trackball dapat diputar dengan jari untuk mengendalikan posisi cursor. Saat ini trackball sudah sangat jarang digunakan.

  • Joystick
    Joystick atau game controller dapat dihubungkan ke komputer untuk digunakan sebagai perangkat penunjuk. Akan tetapi, biasanya joystick digunakan untuk bermain game, bukan mengendalikan cursor.

  • Touch Screen
    Sekarang sudah sangat banyak smartphone yang beredar, kebanyakan memiliki layar touch sensitive. Pengguna dapat memilih sesuatu dengan langsung menyentuh layar. Sebelum zamannya smartphone, layar touch screen digunakan pada PDA; stylus digunakan untuk menulis di permukaan layar.

  • Graphic Tablet
    Graphic tablet biasa digunakan oleh pelukis untuk membuat gambar digital dengan lebih mudah, dibandingkan dengan menggunakan mouse. Tablet graphic memiliki pen yang sensitif terhadap tekanan, jadi menekan lebih keras atau lembut akan mempengaruhi tebalnya goresan kuas.

  • Scanner
    Scanner adalah perangkat yang dapat digunakan untuk mengubah suatu halaman kertas menjadi gambar digital. Scanner dapat men-scan gambar, tetapi scanner juga dapat scan suatu halaman berisi teks yang kemudian dijadikan file teks, dengan menggunakan OCR (Optical Character Recognition) software yang dapat mengidentifikasikan huruf dari bentuk-bentuk huruf pada gambar hasil scan.

  • Microphone
    Microphone dapat dihubungkan ke komputer untuk merekam suara. Suara yang direkam kemudian dijadikan file digital, file ini dapat disimpan di dalam komputer untuk digunakan di kemudian hari.


Contoh Perangkat Output

  • Monitor
    CRT monitor adalah monitor tradisional yang biasa digunakan, sebelum monitor flat panel umum digunakan. Layar flat panel biasanya menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) untuk menampilkan output gambar dari komputer. Terdapat jenis lain seperti layar plasma, tetapi LCD adalah layar yang paling banyak digunakan saat ini. Ada juga yang disebut monitor LED, tetapi sebenarnya yang membedakan LED dan LCD hanyalah backlight yang digunakan. Setiap jenis monitor juga dibedakan lagi berdasarkan jenis panel yang digunakan, resolusi layar, serta ukuran layar.

  • Printer
    Printer adalah alat yang dapat digunakan untuk mencetak gambar atau dokumen ke media fisik seperti kertas. Terdapat berbagai macam jenis printer berdasarkan teknologi yang digunakan. Terdapat juga printer yang berbeda dari yang lain, yakni 3D printer. 3D printer dapat digunakan untuk mencetak objek 3 dimensi, berdasarkan data model digital yang dimiliki.

  • Projector
    Projector/Proyektor adalah perangkat yang dapat digunakan untuk memproyeksikan gambar ke suatu permukaan, biasanya ke permukaan layar proyeksi yang khusus dibuat untuk proyektor. Contoh layar proyeksi bisa dilihat di bioskop.

  • Speaker
    Speaker digunakan untuk mengeluarkan output suara. Terdapat berbagai macam speaker, berkisar dari kualitas rendah sampai kualitas yang sangat baik, juga berkisar dari harga murah sampai harga yang sangat mahal. Speaker bawaan dari paket komputer biasanya memiliki kualitas suara yang kurang baik. Akan tetapi, harga mahal tidak memastikan kualitas suara yang baik.

Referensi:
-Gambar trackball via Wikimedia Commons
-Gambar trackpoint via Wikimedia Commons
-Gambar graphic tablet via Wikimedia Commons