Saturday, December 21, 2013

Cara Membuka File ISO


image by stuartpilbrow

File ISO, yang juga dikenal sebagai ISO image adalah file arsip untuk data optical disc. File ISO menyimpan seluruh data yang ada dalam sebuah DVD, CD, atau bahkan Blu-ray disc. Dengan file ISO, kita dapat dengan mudah membuat salinan data suatu optical disc pada optical disc lain.

Banyak orang tampaknya tidak mengerti cara membuka file ISO, yang merupakan salah satu format yang biasa digunakan untuk menginstall software.

Terdapat 2 cara untuk membuka file ISO, salah satunya dengan memasukkan/burn file ISO ke optical disc dengan ukuran yang sesuai. Cara lain adalah dengan menggunakan software yang dapat membuka file ISO, tanpa perlu memasukkan/burn file ISO tersebut ke DVD, CD, atau Blu-ray disc.


Cara Membuka File ISO di Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7

Untuk membuka file ISO di Windows 7, Windows XP, atau Windows Vista; Anda hanya perlu download dan install software Virtual CloneDrive. Software ini memungkinkan Anda untuk membuka file ISO secara langsung, seolah-olah Anda mengaksesnya dari optical drive.

Dengan program ini, Anda dapat membuka file ISO langsung dari hard drive Anda hanya dengan double click saja, tanpa perlu burn ke optical disc. Selain format ISO, software itu juga mendukung format image umum lainnya seperti BIN dan CCD.


Cara Membuka File ISO di Windows 8

Untuk membuka file ISO di Windows 8 Anda hanya perlu double-click file ISO yang ingin dibuka, tanpa perlu menginstall software tambahan. Sebab sudah tersedia ISO dan VHD mounting di operating system Windows 8.


Cara Membuka File ISO di Mac

Pada Mac OS X, Anda tidak perlu menginstall software tambahan untuk membuka file ISO. Hanya dengan double-click saja file ISO dapat terbuka. Ini disebabkan karena di Mac OS X sudah terdapat software utility DiskImageMounter. DiskImageMounter juga mendukung banyak format disk image lain selain ISO.


Cara Membuka File ISO di Linux

Linux juga tidak perlu software tambahan untuk membuka file ISO. Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk membuka file ISO dengan nama 'contoh.iso'.

Sebelum memulai pastikan Anda login sebagai root user, jika bukan root user maka pindah ke root user dengan command berikut:
$ su -
Langkah pertama untuk mount file ISO di Linux adalah dengan memasukkan command berikut ini untuk membuat mount point.
# mkdir -p /mnt/disk
Command diatas akan membuat mount point untuk file ISO. Setelah itu masukkan command berikut:
# mount -o loop contoh.iso /mnt/disk
Command itu akan membuka file-file yang ada di ISO image pada mount point. Dengan command berikut, Anda dapat mengakses dan melihat daftar file-file yang ada di dalam file ISO.
# cd /mnt/disk # ls -l